Selasa, 20 April 2010

Prinsip-prinsip Desain Grafis:

1. Metaphor (Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah.Menghubungkan presentasI dan elemen-elemen visual dengan itemitem yang berkaitan.

2. Clarity (Kejelasan)
Harus ada alasan yang kuat/masuk akal mengapa kita menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik.

3. Consistency (Ketetapan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga.Setiap platform mungkin memiliki panduannya.

4. Alignment (Perataan)
Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Dunia barat dimulai dari kiri atas. Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.

5. Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item-item tersebut.

6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Gunakan geometri untuk membantu pengurutan.

Membangun jaringan sederhana…

Dalam membangun jaringan pribadi seperti LAN tidak perlu membutuhkan biaya yang sangat mahal. Hanya membutuhkan sedikit hardware dan software, untuk jaringan LAN sederhana mengandung beberapa komponen penting dan merupakan kebutuhan utama seprti:
• Komputer Server
• Komputer Worksatation
• NIC (Network Interface Card)
• HUB
• Kabel
• Connector
Peralatan tersebut merupakan kebutuhan standard an harus ada untuk sebuah jaringan. Komputer server dan computer worksatation adalah perangkat utama untuk sebuahjaringan LAN.
Dalam pemilihan software operating system yang digunakan biasanya adalah windows 2000 server.

Mail Client …

Mail client adalah sarana untuk mengakses dan mengadministrasi data-data email dalam mail server.

Mail client juga mencatat status mail yang masuk, yang sudah dibaca, dan subjectnya. Beberapa informasi tambahan dapat juga dilihat, seperti ukuran mail dan informasi attachment.

Tugas lain mail server adalah me-manage mail. Mail client harus tahu bagaimana menyimpan item-item email dalam area berbeda, memindahkan item tertentu dari area satu ke area lainnya, atau membuat area baru sesuai permintaan user.

Dalam penulisan pesan user cukup mengklik link yang menuju ruang pengeditan pesan. Biasanya bernama compose message, write message, atau semacamanya.
Dalam hal merespon pesan ini dinamakan replying, dan untuk melakukanya biasanya dengan mengklik link/button bernama reply.